No Image Available

Menulis Menikmati

 Author: Ersis Warmansyah Abbas  Category:  Publisher: EWA Banua Publishing  Published: March 8, 2024  ISBN: Proses Pengajuan
 Description:

Buku “Menulis Menikmati” adalah sebuah karya yang mencerminkan aktivitas menulis sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dalam kata pengantarnya, penulis menegaskan bahwa meskipun terdapat momen ketika menulis tidak dilakukan, seperti saat menyelesaikan tugas-tugas tertentu, namun pada dasarnya, penulis melibatkan diri dalam praktik menulis setiap hari, menghasilkan apa yang disebut sebagai “tulisan harian”. Tulisan-tulisan harian ini, yang juga disebut sebagai “tulisan lepas”, kemudian diposting di berbagai platform media sosial sebagai bagian dari interaksi dengan khalayak pembaca.
Ditunjukkan pula perbedaan mendasar antara tulisan harian dengan tulisan akademis. Tulisan akademis umumnya berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah, menjadi bagian dari laporan riset, atau bahkan dijadikan materi dalam buku-buku akademis. Pembaca diajak untuk melihat karya-karya tulis akademis penulis melalui berbagai sumber referensi seperti Google Scholar, SINTA, Scopus, Web of Science, atau platform lainnya yang relevan.
Kemudian, penulis membagikan bahwa pada akhir tahun 2023, sebagian dari tulisan harian tersebut dikompilasi dan disusun menjadi sebuah buku yang diberi judul “Menulis Menikmati”. Buku ini kemudian diterbitkan pada bulan Januari 2024. Penerbitan buku “Menulis Menikmati” dijelaskan sebagai bagian dari pencapaian target pribadi penulis untuk menerbitkan 10 buku pada bulan tersebut. Penulis menyampaikan harapannya bahwa dengan ridha Allah, target tersebut berhasil terwujud.
Penulis juga mencatat bahwa kegiatan menulis secara berkelanjutan tentang topik menulis telah menjadi kebiasaan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini tercermin dari lebih dari 50 buku yang telah penulis terbitkan mengenai topik tersebut. Penulis menegaskan bahwa tulisan-tulisan ini ditulis dengan ringan, tanpa beban berlebihan, sebagai respons terhadap pemikiran dan pengalaman sehari-hari. Maka dari itu, penulis mengajak pembaca untuk terus menulis, tanpa henti, karena dengan menulislah, pikiran dan gagasan-gagasan dapat diungkapkan dan tersampaikan kepada dunia.


 Back