No Image Available

Membukukan Artikel Pendidikan Sejarah

 Author: Heri Susanto, Melisa Prawitasari, Fathurrahman  Category:  Publisher: EWA Banua Publishing  Published: March 8, 2024  ISBN: 9786230956690
 Description:

Buku “Membukukan Artikel Pendidikan Sejarah” merupakan sebuah kumpulan artikel yang awalnya tersebar di berbagai jurnal, namun kemudian dipilih untuk dibukukan menjadi satu buku. Keputusan untuk menerbitkan buku ini tidak terpikirkan sebelumnya, namun tiba-tiba muncul sebagai sebuah ide yang kemudian diwujudkan. Profesor Ersis Warmansyah Abbas (EWA) berperan dalam menghubungi penulis-penulis artikel tersebut untuk mengumpulkan materi serta meminta biodata ringkas dari masing-masing penulis.
Kejutan ini disambut dengan penuh rasa terima kasih kepada Prof. EWA, karena dianggap sebagai suatu kejutan konstruktif yang semakin menguatkan kesadaran akan pentingnya menulis dan menerbitkan buku. Kata-kata Prof. EWA yang selalu menekankan pentingnya menulis, terutama menulis apa yang ada dalam pikiran, menjadi pesan yang menyala di telinga para penulis. Prof. EWA juga menegaskan bahwa menulis adalah suatu kewajiban, baik sebagai bentuk pengembangan diri maupun untuk memenuhi kewajiban sebagai seorang dosen.
Meskipun Prof. EWA berperan sebagai editor buku ini, tanggung jawab atas muatan artikel tetap berada di tangan para penulis. Hal ini memacu semangat para penulis untuk terus menulis, karena menyadari bahwa kurangnya produksi tulisan dapat menghambat dalam memenuhi kewajiban sebagai seorang dosen, terutama terkait dengan Beban Kerja Dosen (BKD).
Dalam proses pembukuan artikel ini, terasa pentingnya kolaborasi dan kerja sama antar penulis. Pembukuan artikel-artikel tersebut menjadi momentum untuk semakin aktif berkolaborasi dalam menulis. Para penulis menyadari bahwa menulis tidak hanya merupakan kewajiban individual, tetapi juga sebuah panggilan untuk menulis secara bersama-sama. Mereka berkomitmen untuk menjalankan keduanya, yaitu menulis secara mandiri dan juga berkolaborasi.
Dengan harapan agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas, para penulis bertekad untuk menjadikan tulisan-tulisan mereka sebagai buku yang dapat diakses oleh banyak orang. Mereka percaya bahwa melalui proses menulis, mereka dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat dan memperkaya dunia literatur, serta mendorong minat terhadap bidang pendidikan sejarah.


 Back